Jumat, 18 September 2009

UPACARA KASODO

Bagi kita semua yang pernah mengunjungi kawasan wisata Gunung Bromo pasti pernah mendengar tentang Upacara Kasodo atau Upacara Kasada.

Sebenarnya apa sih Upacara Kasodo itu ?
Upacara Kasodo adalah upacara yang dilakukan oleh Suku Tengger yang bermukim di Gunung Bromo sebagai ucapan syukur dengan membuat sesajen lalu melemparkannya ke kawah Gunung Bromo. Mereka bersyukur atas berkat yang diberikan oleh Sang Hyang Widhi.

Menurut cerita masyarakat setempat ada sebuah cerita yang melatarbelakangi diadakannya upacara ini.
Berikut ceritanya :

Pada dahulu kala ada sepasang suami istri yang bernama Joko Seger & Roro Anteng. Joko Seger adalah seorang pemuda dari Suku Tengger sedangkan Roro Anteng adalah gadis keturunan Majapahit. Setelah beberapa tahun menikah mereka belum dikaruniai anak. Lalu mereka akhirnya memutuskan untuk berdoa kepada sang penunggu dari Gunung Bromo.
Akhirnya mereka dikaruniai 25 orang anak namun mereka harus menyediakan anak bungsu mereka untuk dikorbankan yaitu Dewa Kusuma. Lalu Dewa Kusuma pun mengorbankan dirinya dan masuk ke dalam kawah Gunung Bromo. Untuk memperingatinya masyarakat Suku Tengger mengadakan Upacara Kasodo.

Biasanya Upacara Kasodo atau Upacara Kasada diadakan setiap bulan Desember atau bulan Januari. Jadi apabila kita mengunjungi Gunung Bromo pada bulan - bulan yang di atas, kita bisa melihat dan mengikuti upacara tersebut.

Berikut adalah foto-foto Upacara Kasodo atau Upacara Kasada






















referensi tulisan dan gambar

  1. www.google.com
  2. www.creative-unique.blogspot.com
  3. www.samowob.wordpress.com
  4. www.awidyarso65.files.wordpress.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar